Spesifikasi dan Model Bisnis Manajemen Layanan Sistem Informasi
Rangkuman
Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi (MLSI)
MLSI adalah manajemen yang melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Layanan yang Dilakukan oleh Manajemen Layanan Sistem
Informasi
· Mendukung Operasional Bisnis
· Mendukung Keunggulan Strategis
· Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
· Meningkatkan Aksebilitas Data
· Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global Menyeluruh
· Meningkatkan Efisiensi Kerja
· Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Kerangka Kerja oleh manajemen layanan sistem informasi
· Konsep – Konsep Dasar
· Teknologi Informasi
· Aplikasi Bisnis
· Proses Pengembangan
· Tantangan Manajemen
Model Bisnis MLSI
· B2C (Business To Consument)
· B2B (Business To Business)
· C2C (Consumer To Consumer)
· C2B (Consumer To Business)
· G2B (Government To Business)
· B2G (Business To Government)
· G2G ( Government To Governments)
ISO/IEC 20000 Seri standar
internasional mengenai manajemen layanan teknologi informasi atau Information
Technology Service Management (ITSM). Penerapan Standar ISO/IEC 20000 akan mempengaruhi
kondisi IT yang sudah diterapkan pada suatu perusahaan, perubahan yang mungkin
terjadi bisa meliputi : perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau
software, komunikasi, dan dukungan layanan IT yang sudah ada.
Standar ISO 20000-1:2018
menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan, menerapkan,
memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan atau service
management system (SMS). Persyaratan yang ditentukan dalam
standar ini termasuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan
peningkatan layanan untuk memenuhi persyaratan layanan dan memberikan nilai. Standar
ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 dan kemudian diperbarui pada tahun
2011. Versi ketiga, revisi yang sepenuhnya dari standar (disebut ISO / IEC
20000: 2018 Bagian 1) dirilis pada 15 September 2018 dan menggantikan edisi
kedua (ISO / IEC 20000-1: 2011).
Standar dapat digunakan oleh :
·
pelanggan
yang mencari layanan dan membutuhkan jaminan mengenai kualitas layanan
tersebut;
·
pelanggan
yang membutuhkan pendekatan konsisten terhadap siklus hidup layanan oleh semua
penyedia layanannya, termasuk yang ada dalam rantai pasokan;
·
suatu
organisasi untuk menunjukkan kemampuannya untuk perencanaan, desain, transisi,
pengiriman dan peningkatan layanan;
·
suatu
organisasi untuk memantau, mengukur dan meninjau SMS dan layanannya;
·
organisasi
untuk meningkatkan perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan
layanan melalui implementasi dan pengoperasian SMS yang efektif;
·
organisasi
atau pihak lain yang melakukan penilaian kesesuaian terhadap persyaratan yang
ditentukan dalam standarini;
·
penyedia
pelatihan atau saran dalam manajemen layanan.
Struktur
Standar ISO/IEC 20000
Kerangka dari ISO/IEC 20000 terdiri dari dua bagian yaitu
: spesifikasi untuk manajemen layanan TI dan aturan pelaksanaan untuk manajemen
layanan.
Pertama
adalah ISO 20000-1, bagian ini memaparkan mengenai penggunaan pendekatan proses
terintegrasi untuk layanan terkelola sesuai kebutuhan bisnis dan pelanggan
secara efektif.
Bagian
kedua, ISO 20000-2, bagian ini menjelaskan mengenai suatu aturan pelaksanaan
dan penjelasan untuk manajemen layanan didalam lingkup ISO 20000-1.
Comments
Post a Comment