Spesifikasi dan Model Bisnis Manajemen Layanan Sistem Informasi

 


Rangkuman

Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi (MLSI)

    MLSI adalah manajemen yang melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


Layanan yang Dilakukan oleh Manajemen Layanan Sistem Informasi

·         Mendukung Operasional Bisnis

·         Mendukung Keunggulan Strategis

·         Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan

·         Meningkatkan Aksebilitas Data

·         Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global Menyeluruh

·         Meningkatkan Efisiensi Kerja

·         Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Kerangka Kerja oleh manajemen layanan sistem informasi

·         Konsep – Konsep Dasar

·         Teknologi Informasi

·         Aplikasi Bisnis

·         Proses Pengembangan

·         Tantangan Manajemen

Model Bisnis MLSI

·         B2C (Business To Consument)

·         B2B (Business To Business)

·         C2C (Consumer To Consumer)

·         C2B (Consumer To Business)

·         G2B (Government To Business)

·         B2G (Business To Government)

·         G2G ( Government To Governments)

 

ISO/IEC 20000 Seri standar internasional mengenai manajemen layanan teknologi informasi atau Information Technology Service Management (ITSM). Penerapan Standar ISO/IEC 20000 akan mempengaruhi kondisi IT yang sudah diterapkan pada suatu perusahaan, perubahan yang mungkin terjadi bisa meliputi : perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software, komunikasi, dan dukungan layanan IT yang sudah ada.

Standar ISO 20000-1:2018 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan atau service management system (SMS). Persyaratan yang ditentukan dalam standar ini termasuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan untuk memenuhi persyaratan layanan dan memberikan nilai. Standar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 dan kemudian diperbarui pada tahun 2011. Versi ketiga, revisi yang sepenuhnya dari standar (disebut ISO / IEC 20000: 2018 Bagian 1) dirilis pada 15 September 2018 dan menggantikan edisi kedua (ISO / IEC 20000-1: 2011).

                Standar dapat digunakan oleh :

·         pelanggan yang mencari layanan dan membutuhkan jaminan mengenai kualitas layanan tersebut;

·         pelanggan yang membutuhkan pendekatan konsisten terhadap siklus hidup layanan oleh semua penyedia layanannya, termasuk yang ada dalam rantai pasokan;

·         suatu organisasi untuk menunjukkan kemampuannya untuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan;

·         suatu organisasi untuk memantau, mengukur dan meninjau SMS dan layanannya;

·         organisasi untuk meningkatkan perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan melalui implementasi dan pengoperasian SMS yang efektif;

·         organisasi atau pihak lain yang melakukan penilaian kesesuaian terhadap persyaratan yang ditentukan dalam standarini;

·         penyedia pelatihan atau saran dalam manajemen layanan.

 

Struktur Standar ISO/IEC 20000

Kerangka dari ISO/IEC 20000 terdiri dari dua bagian yaitu : spesifikasi untuk manajemen layanan TI dan aturan pelaksanaan untuk manajemen layanan.

                Pertama adalah ISO 20000-1, bagian ini memaparkan mengenai penggunaan pendekatan proses terintegrasi untuk layanan terkelola sesuai kebutuhan bisnis dan pelanggan secara efektif.

                Bagian kedua, ISO 20000-2, bagian ini menjelaskan mengenai suatu aturan pelaksanaan dan penjelasan untuk manajemen layanan didalam lingkup ISO 20000-1.

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Layanan Teknologi Informasi (ITSM)

Wisata Candi Borobudur

Review Produk Perusahaan IT yang memberi pengaruh signifikan bagi masyarakat