Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi

Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi

Kata teknologi berasal dari Bahasa Prancis yaitu la technique yang memiliki arti adalah sarana atau alat yang digunakan untuk menyediakan barang yang dibutuhkan olehmanusia demi kenyamanan dan keberlangsungan hidup, sedangkan kata informasi berasal dari Bahasa Prancis kuno yaitu informacion yang menerus dikembangkan agar dapat membantu manusia untuk membuat sebuah berita informasi, menyimpan dan mengubah agar lebih mudah untuk disebarkan kepada khalayak luas.

Teknologi Informasi dan komunikasi yang berkembang dengan sangat pesat sekarang ini menggunakan teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software dengan ukuran yang kecil namun kemampuan dan kapasitasnya sangat tinggi. Perkembangan ini juga membuat berbagai kegiatan kita dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, bahkan teknologi informasi telah digunakan pada sistem pemerintahan seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya.


Semua perkembangan itu tidak terlepas dari sejarah perjalanan panjang para peneliti maupun para ilmuwan yang berusaha untuk terus memperbaiki dan mengurangi kelemahan dari sebuah teknologi informasi dan komunikasi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi yang di bagi ke dalam 3 bagian, yaitu Masa pra-sejarah, Masa sejarah, dan Masa modern. Serta membahas mengenai Perkembangan Hardware & Software.


Komputer dari sejak awal dibuatnya, hingga kini banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan bentuk dan fungsinya. Pada tahun 1930 lahirlah suatu konsep dari computer – computer serbaguna yang menjadi awal dari computer modern saat ini. Ditambah lagi dengan perkembangan masyarakat yang makin kompleks dan dengan kemajuan teknologi yang telah mendorong orang – orang berbakat untuk berpikir secara pesar. Pada tahun 1937, alan turin seorang ahli matematika bangsa inggris membuat analisi teoritis dari kemungkinan perkembangan computer yang serbaguna. Pelaksanaan gagasan tersebut dapat segera terwujud, karena pada perang Dunia II pihak militer sangat membutuhkan perhitungan – perhitungan yang cepat matang dan akurat untuk kebutuhan perang sehingga dari gagasan tersebut perkembangan perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan fungsinya dan perangkat lunak (software) mengalami perkembangan penggunaanya menjadi program yang mudah digunakan. Akhirnya pada Tahun 1969 University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah berhasil mengembangkan sistem jaringan internet yang pertama dengan menghubungkan 4 titik dengan kekuatan 50Kbps. Dari sinilah terjadi perkembangan pesat kecepatan internet dan perkembangan teknologi informasi.


SEJARAH PERKEMBANGAN HARDWARE


Charles Babbage adalah seorang ahli matematika bangsa inggris. Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine padatahun 1822.Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematika. Pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkula siapa saja. Sehinggamesininidikenalsebagai General Purpose Digital Computer.Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar. Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secaraotomatis.

Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan computer secara elektronik yang diberinama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya computer dibagi dalam beberapa genarasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaanyan mudah (user frendly).

1.    Generasi Pertama (1946-1959)

Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.

2.    Generasi Kedua (1959-1965)

Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.

Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.

4.    Generasi Keempat (1970-1995)

Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.


SEJARAH PERKEMBANGAN SOFTWARE

Perkembangan software dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah sejarah perkembangan software computer


 Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.

Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data. Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.

Era Mikro. Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office,OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll).

Era Modern. Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar. Perkembangan software dan hardware berjalan dengan sangat progresif dan dinamis, selalu menemukan sesuatu yang baru dan merangkum fungsi beberapa hardware ke dalam satu komponen yang terintegrasi dan menjadi lebih mudah penggunaanya. Begitupun software yang semakin berkembang dan melahirkan software yang dapat ditemui dengan jumlah produk yang bermacam-macam dan massive dalam pemasarannya, saling menutupi kekurangan software sebelum upgrade. Banyaknya developer yang tidak hanya membuat hardware saja, namun telah menginjeksi kan perangkat CPU dengan software andalan mereka



https://ameliadwirachmawati.wordpress.com/2018/10/21/sejarah-perkembangan-sistem-teknologi-informasi-perkembangan-hardware-software/

https://ikhsan1961.wordpress.com/2017/10/02/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-perkembangan-hardware-dan-software/

https://agamiilmansyah.wordpress.com/2017/10/02/sejarah-perkembangan-sistem-tekhnologi-informasi-hardware-dan-software-komputer/

https://oracleramadhanti.wordpress.com/2019/10/08/sejarah-perkembangan-sistem-teknologi-informasi-hardware-dan-software/

http://docshare02.docshare.tips/files/26933/269334518.pdf





Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Layanan Teknologi Informasi (ITSM)

Wisata Candi Borobudur

Review Produk Perusahaan IT yang memberi pengaruh signifikan bagi masyarakat