SISTEM INFORMASI MANAJEMEN



SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

Kata Pengantar



Sistem Informasi Manajemen merupakan Sistem Informasi yang menghasilkan output dengan menggunakan input yang diperlukan data-data dan diproses yangdiperlukan untuk memenuhi dan mengembangkkan tujuan yang didukung oleh kegiatan-kegiatan manajemen, yang dimana manajemen disini untuk mengatur proses dan meneliti pengeluaran apa saja yang diperlukan dalam menjalankan dan mengembangkan output tersebut.



Definisi Sistem Informasi Manajemen
Sistemm Informasi dan Manajemen didefinisikan sebagai sistem yang menyediakan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, serta pengambilan keputusan sebuah organisasi. Sistem Informasi Manajemen juga dikenal dengan ungkapan lain seperti “Sistem informasi”, “Sistem Pemrosesan Informasi”, “Sistem Informasi dan Pengamilan Keputusan”. Sistem Informasi Manajemen menggambarkan suatu unit atau badan khusus yang bertugas untuk mengumpulkan berita dan memprosesnya menjadi informasi untuk keperluan manajerial organisasi dengan memakai prinsip sistem.

Komponen Sistem Informasi Manajemen
  • Hardware, Software (Sistem Komputer)
  • Prosedur
  • Model Bisnis / Model Manajemen
  • Database
Pengertian Hardware
Hardware (perangkat keras) merupakan semua bagian dari fisik komputer, yang membedakan hardware yakni adalah data yang berada di dalamnya atau data yang beroperasi di dalamnya, berbeda dengan software yang mana ini menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Contoh: CPU, RAM, HardDrive, Mouse, Keyboard, Monitor, Speaker, DLL
Pengertian Software
Software (perangkat lunak) yakni merupakan perangkat yang berupa aplikasi (program) yang diciptakan dan dirancang oleh programer sehingga dapat beroperasi
atau menjalankan suatu perintah. Software ini pula dapat dikatakan dengan penggerak dan pengontrol perangkat keras (Hardware) untuk kemudian di fungsikan sebagai mana fungsinya. Contoh: Sistem Operasi, Aplikasi,Bahasa Pemrograman
a. Fungsi Hardware
Hardware (Perangkat Keras) berfungsi memudahkan pengguna komputer dalam melakukan kegitan atau bekerja yang berkaitan dengan pengunaan komputer atau dengan adanya hardware yang lengkap maka sistem komputer bisa berjalan dengan baik. Untuk fungsinya yakni sesuai dengan jenis hardware yang ada.
  • Menjadi media pemberi masukan data (eksekutor).
  • Perangkat Keras ( Hardware) berfungsi sebagai pengolah data.
  • Hardware juga memiliki fungsi sebagai penampil inputan dari sebuah proses.
b. Fungsi Software
  • Fungsi Software yakni sebagai sistem operasi atau sistem pendukung.
  • Fungsi Software yakni untuk mengatur atau mengontrol hardware.
  • Software berfungsi menjadi penerjemah setiap instruksi ke dalam bahasa mesin agar dapat di terima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program.
Prosedur
Prosedur merupakan suatu komponen fisik yang berwujud panduan atau instruksi di dalam menjalankan sistem informasi manajemen.
Prosedur pengoperasian biasanya berwujud instruksi penyiapan data serta instruksi dari petunjuk pengoperasioan hardware dan juga software.
Prosedur dapat berisi mengenai kebijakan metode yang akan digunakan serta berbagai peraturan di dalam pemakaian sistem informasi manajemen yang berbasis teknologi informasi.
Database
Database atau basis data adalah suatu tempat menyimpan data serta informasi yang berwujud berbagai file yang berisikan data serta program perusahaan yang dikumpulkan.
Dan juga disimpan secara sistematis sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah diakses oleh para usernya.
Database juga berfungsi sebagai penghindar dari pengulangan informasi dan juga data.
Aplikasi perangkat lunak yang biasanya digunakan dalam mengelola basis data tersebut adalah database management system (DBMS).

Model Bisnis / Model Manajemen

Definisi model sistem informasi manajemen dapat digambarkan pada gambar diatas.Database berisi data yang disediakan oleh SIA.Selain itu,data maupun informasi dimasukkan dari lingkungan .Isi databse digunakan oleh perangkat lunak yang menghasilkan laporan periodik dan laporan khusus,serta model matematika yang mensimulasikan beragam aspek operasi perusahaan.Output perangkat lunak digunakan oleh orang-orang dalam perusahaan yang bertanggung jawab memecahkan masalah perusahaan.Tidak seperti SIA,SIM tidak berkewajiban menyediakan informasi bagi lingkungan.

Sumber









Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Layanan Teknologi Informasi (ITSM)

Wisata Candi Borobudur

Review Produk Perusahaan IT yang memberi pengaruh signifikan bagi masyarakat